Produk Handphone

Minggu, 30 Oktober 2011

Jenis Sistem Informasi


Jenis Sistem Informasi
            Ada berbagai cara untuk menggelompokkkan sistem informasi. klasifikasi yang umum dipakai antara lain didasarkan pada:
-          level organisasi
-          area fungsional
-          dukungan yang diberikan
-          arsitektur sistem informasi
beberapa istilah sistem informasi juga sering dijumpai dalam literatur seperti sistem informasi strategis dan sistem informasi geografi.
            Berdasarkan level  organisasi, sistem informasi dikelompokkan menjadi:
-          sistem informasi departemen
-          sistem informasi perusahaan
-          sistem informasi antar organisasi
            Sistem informasi departeman (departmental information system) adalah sistem informasi yang hanya digunakan dalam sebuah departemen aebagai contoh, departemen SDM (sumber daya manusisa) memilki sejumlah program (aplikasi). misalnya, salah satu aplikasi digunakan untuk memantau kinerja pegawai dan aplikasi yang lain digunakan untuk menagani pelamar. kumpulan aplikasi ini membentuk sebuah sistem yang di sebut sistem informasi SDM (human resource information system atau HRIS). 
Sistem informasi perusahaan (enterprise information system) merupakan sistem informasi yang tidak terletak pada masing-masing departemen, melainkan berupa sebuah sistem terpadu yang dapat dipakai oleh sejumlah departemen secara bersama-sama sebagai contoh, sistem informasi perguruan tinggi menitegrasikan bagian-bagian seperti penggajaran,keuangan, dan kemahasiswaan,
            sistem informasi antarorganisasi (interorganizational information system atau terkadang disebut IOS/ interorganization system) merupakan jenis informasi yang menghubungkan dua organisasi atau lebih. sebagai gambaran, sistem informasi reservasi pesawat terbang adalah contoh sistem informasi yang memungkinkan biro perjalanan yang menjual tiket dan maskapai penerbangan bisa berbagi informasi. contoh yang lain yaitu sistem para pemasok yang dapat dihubungkan kesistem informasi wal-mart (www.walmart.com), retailer terkemuka di amerika, yang memungkinkan pihak pemasok dapat segera mengetahui sediaan yang berada dibawah level minimum sehingga pemasok dapat segera menggirimkan produk mereka ke walmart (ebert, dan griffin, 2003). pada awal 1990-an, perusahaan IBM, Aplle, dan motorola membentuk aliansi strategis yang dimaksudkan unutk mematahkan dominasi intel terhadap pasar CPU (central prosessing unit) ketiga perusahaan ini menggunakan IOS sebagai sarana berbagi informasi dalam perkembangan produk. chip yang disebut powerpc merupakan hasil dari kolaborasi tersebut (haag,1999). kini, model seperti ini banyak di implementasikan dalam perdaganggan elektronis (e-commerce) yang menghubungkan pemasok dan penjual, atau yang lebih dikenal dengan sebutan B2B atau Businee to business.
Serupa dengan pembagian menurut level organisasi, kroeken (1992) mengklasifikasikan sitem informasi dalam sebuah organisasi menjadi tiga kelompok:
-          sistem informasi pribadi
-          sistem informasi kelompok kerja (work information system)
-          sistem informasi perusahaan (enterprise information system).
 sistem informasi pribadi menggunakan sebuah komputer yang tidak terhubung dengan komputer pemakai yang lain. sistem informasi kelompok kerja menghubungkan sejumlah komputer pemakai, umumnya dalam departemen yang sama, melalui sebuah jaringan (local area network atau LAN). pemakai saling berbagi data.


1 komentar:

  1. share keterkaitan manajemen dengan sistem informasi http://blog.unsri.ac.id/riaarty/tugas/keterkaitan-manajemen-dengan-sistem-informasi/mrdetail/51799/

    BalasHapus